Hadist hari ini
Ahad 29 Robiul Awwal 1439

Hadist ke 03 (Mengingat-ingat Kematian Dan Memperpendekkan Angan-angan)


  1. عن أبي بن كعب رضي اللَّهُ عنه : كانَ رَسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم إِذا ذَهَبَ ثُلثُ اللَّيْلِ، قامَ فقالَ : « يا أَيها النَّاسُ اذْكُرُوا اللَّه جَاءَتِ الرَاجِفَةُ تَتْبَعُهُا الرَّادِفَةُ، جاءَ المَوْتُ بما فِيهِ ، جاءَ المَوْتُ بما فِيهِ » قلتُ : يا رَسُولَ اللَّهِ إني أكْثِرُ الصَّلاةَ عَلَيْكَ ، فَكَمْ أَجْعَلُ لكَ مِن صَلاتي ؟ قال: « ما شِئْتَ » قُلْتُ الرُّبُعَ ؟ قال : « ما شئْتَ ، فَإِنْ زِدتَ فَهُوَ خَيْرٌ لكَ » قُلُتُ : فَالنِّصْفَ ؟ قالَ « ما شِئْتَ ، فإِنْ زِدْتَ فهو خَيرٌ لكَ » قُلْتُ : فَالثلثَينِ ؟ قالَ : « ما شِئْتَ ، فإِنْ زِدْتَ فهو خَيرٌ لكَ » قُلْتُ : أَجْعَلُ لكَ صَلاتي كُلَّها ؟ قال : إذاً تُكْفي هَمَّكَ، ويُغُفَرُ لكَ ذَنْبُكَ » رواه الترمذي.


Dari Ubay bin Ka'ab رضي اللَّهُ عنه berkata  : "Rasulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم  itu setelah lalu sepertiga malam, beliau pun bangunlah, kemudian bersabda yang maksudnya : "Hai sekalian manusia, ingatlah engkau semua kepada Allah, datanglah kegoncangan besar - yakni tiupan pertama - yang diikuti oleh peristiwa dahsyat - yakni tiupan kedua dan antara kedua tiupan itu ada empat puluh tahun lamanya. Kematian itu datang dengan segala macam kesengsaraannya, kematian itu datang dengan segala macam kesukarannya - yakni ketika datangnya sakaratulmaut."
Saya berkata: "Ya Rasulullah, sesungguhnya saya memperbanyakkan bacaan shalawat atas Tuan, maka seberapakah yang perlu saya jadikan untuk Tuan itu dari doaku?" Rosulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم   bersabda yang maksudnya : "Sekehendakmu sajalah." Saya bertanya: "Seperempat?"
Rosulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم   bersabda yang maksudnya : "Sekehendakmu, tetapi kalau engkau menambahkannya, maka itu adalah lebih baik untukmu?" Saya bertanya lagi: "Separuh bagaimanakah?"
Rosulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم   bersabda yang maksudnya : "Sekehendakmu, tetapi kalau engkau menambahkannya, maka itu adalah lebih baik lagi untukmu." Saya bertanya pula: "Kalau begitu, dua pertiganya bagaimanakah?"
Rosulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم   bersabda yang maksudnya : "Sekehendakmu sajalah, tetapi kalau engkau menambahkannya, maka itu adalah lebih baik untukmu." Saya berkata: "Saya akan menjadikan semua doaku itu untuk Tuan."
Rosulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم   bersabda yang maksudnya : "Jikalau demikian engkau akan dicukupi perihatinmu - yakni urusanmu di dunia dan akhirat akan dipenuhi seluruhnya - serta diampunilah dosamu."

*Hai'ah ASH-SHOFWAH AL-MALIKIYYAH*
Himpunan Alumni Abuya Almaliki

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fiqh Tahawwulat bagian 3

Fiqh Tahawwulat bagian 1

Hadits Penciptaan